Cara Membersihkan dan Mencuci Sofa Berbahan Kain

Cara Membersihkan dan Mencuci Sofa Berbahan Kain
Cara Membersihkan dan Mencuci Sofa Berbahan Kain

Cara Membersihkan dan Mencuci Sofa Berbahan Kain yang praktis dan mudah di lakukan di rumah – rumah bisa anda lihat dari artikel kami di bawah ini.

Sofa yang bersih dapat membuat para penghuni rumah ataupun tamu yang datang merasa nyaman untuk duduk di atasnya. Sayangnya cara membersihkan sofa itu cukup sulit, apalagi yang menggunakan bahan kain.

Debu kotoran ataupun noda membandel dapat dengan mudahnya melekat pada serat kain. Jika sarung kain pembungkus sofa tersebut bisa dicopot, tentu mudah untuk mencuci tapi bagaimana kalau tidak bisa? Ya solusi termudah adalah menyewa jasa cuci sofa yang sudah mulai banyak di kota kota besar tapi bukankah lebih baik melakukannya sendiri jika anda punya waktu luang. Berikut tutorial cara membersihkan sofa kain yang kotor

Cara Membersihkan dan Mencuci Sofa Berbahan Kain
Cara Membersihkan dan Mencuci Sofa Berbahan Kain

Cara Mencuci Sofa Bahan Kain

Membersihkan sofa berbahan kain itu gampang gampang susah, untuk memudahkannya lakukan saat cerah sehingga sofa yang dicuci nantinya bisa kering sempurna.

Persiapan:

  • Cairan pembersih sofa kain
    Bisa anda beli di toko ataupun minimarketJika sulit untuk mendapatkannya anda bisa menggunakan detergent dan cuka.
  • Air
  • Vacuum Cleaner, alternatif kemoceng, sapu lidi
  • Spon kasar
  • Lap kain bersih

 

Agar proses lebih mudah dan tidak mengotori ruangan maka alangkah baiknya angkat sofa anda keluar rumah.Langkah-Langkah Mencuci Sofa Kain

  1. Pertama tama kita bersihkan debu dan kotoran yang menempel di kain sofa kita.
    Bongkar sofa anda, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu di seluruh permukaan kain sofa. Fokuskan dibagian bagian pojokan atau lipatan yang merupakan tempat debu menumpuk.Jika anda memakai kemoceng dan sapu lidi, pertama anda bisa memukul mukul sapu pada sofa busa anda. Hal ini dilakukan untuk membersihkan debu yang menempel di dalam serat kain. Baru selanjutnya gunakan kemoceng untuk membersihkan debu debu yang tersisa.
  2. Siapkan cairan pembersih sofa dengan mencampurkannya dengan air. Kita gunakan larutan ini untuk membersihkan sofa dari kotoran, noda dan bau tidak sedap.Celupkan spon kasar ke dalam larutan pembersih lalu gosokkan ke seluruh bagian kain. Remas dulu spon sebelum digunakan, hal ini dilakukan supaya tidak banyak air yang terbawa spon dan nantinya sofa anda tidak terlalu basah. Gosokkan spon ke seluruh bagian sofa, diamkan beberapa menit agar pembersih masuk dan mengatasi bau bau yang ada di bawah permukaan sarung kain.(Alternatif, langkah ini bisa dilewati kalau anda memakai cairan pembersih sofa)
    Jika ada noda yang membandel maka pertama campurkan cuka dengan air bersih. Kemudian celupkan spon kasar ke dalam larutan cuka lalu gosokkan ke kain dimana ada noda membandel. Cuka memang sangat powerful untuk membersihkan noda. Lanjutkan dengan menyapukan larutan detergent dan air untuk mengatasi kotoran. Diamkan beberapa menit untuk mengatasi bau dari dalam sofa
  3. Setelah kurang lebih 20 menit, ambillah lap kain bersih dan celupkan pada air bersih lalu peras. Gunakan kain basah tersebut untuk membilas busa pembersih ataupun detergent.
  4. Jika anda melakukan dengan benar pastinya sofa tidak terlalu basah. Untuk mengeringkan, anda cukup mengangin-anginkannya di teras rumah saja.Kalau tiba tiba cuaca mendung, kita bisa mengakalinya dengan menggunakan kipas angin ataupun hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan.

Dengan begini tutorial cara membersihkan sofa bahan kain sudah selesai dan hasilnya sofa anda kembali bersih dan wangi. Ada juga metode lain untuk mencuci sofa yaitu metode kering, caranya lebih simple cukup menyemprotkan pasta ke permukaan yang kotor, diamkan sebentar lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

Cara Membersihkan Sofa Bahan Kain

Berbeda dengan bahan kulit sintetis ataupu beludru, sofa dengan sarung pembungkus dari kain sangat mudah tertempeli kotoran. Agar tidak sampai muncul bau ataupun noda membandel maka sebaiknya kita melakukan perawatan sehari hari.

  • Sedot debu kototan pada sofa anda setidaknya seminggu sekali.
    Fokuskan pada tempat dimana debu sering menumpuk.
  • Semprotkan wangi wangian pada sofa anda.
  • Jika ada yang menumpahkan cairan seperti kopi ataupun sirup maka sesegera mungkin sedot cairan tersebut dengan vacuum cleaner.Jika sampai ada permen apalagi permen karet yang menempel maka angkat permen tersebut dengan menyemprotkan hair spray atau mengoleskan es batu. Setelah itu anda dapat menggunakan cuka/ cairan pembersih sofa untuk menghilangkah noda,
  • Silahkan mencobanya di rumah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s